Mengatasi Website Plagiator: Jika Seseorang Membajak Tulisan Anda

Senin, 04 Juli 2011

 

Apa yang akan anda lakukan jika seseorang meng-copy-paste artikel dari blog atau website anda tanpa izin?
Mungkin tidak jadi masalah jika si tukang copy-paste itu menyebutkan sumbernya, yaitu nama & situs anda. Bagaimana jika tidak?
Jika dia tidak menyebutkan sumber pengambilannya, sehingga seolah-olah artikel itu adalah karyanya sendiri, berarti dia telah “mengibarkan bendera perang” terhadap anda. Mau dilanjutkan?
Bagaimana mencari tahu bahwa seseorang telah membajak artikel anda?
Cari satu atau beberapa kalimat yang unik dari artikel anda yang (kira-kira) tidak ada pada artikel orang lain. Gunakan kalimat unik tersebut untuk melakukan pencarian (searching) di Google Blog Search dan Yahoo Search.
Anda juga bisa melakukan pencarian melalui http://copyscape.com dengan memasukkan URL dari artikel anda.
Jika anda menemukan website plagiator yang telah membajak artikel anda, bagaimana cara menghilangkan atau memberhentikannya?
Cara paling cepat adalah dengan menghubungi si plagiator tersebut untuk menghapus artikel dari situsnya. Anda dapat menghubunginya melalui email (yang biasanya terdapat di web/blognya) atau melalui komentar pada web tersebut.
Jika dia menolak atau tidak menanggapinya?
Anda dapat melakukan complain ke pihak web hosting. Gunakan whois.net untuk mencari nama perusahaan web hostingnya. Sebagian besar perusahaan web hosting menganggap serius persoalan ini dan akan segera merespon complaint.
Kunjungi website perusahaan hosting tersebut, buka halaman “Contact Us”, anda akan menemukan alamat email atau kotak form, kirimkan complaint anda secara formal.
Jika plagiator menggunakan blogger/blogspot, anda dapat melakukan complain di sini: http://help.blogger.com/?page=troubleshooter.cs&problem=&contact_type=main_tos&Submit=Submit
Jika plagiator menggunakan blog wordpress, anda dapat melakukan complain di sini: http://en.wordpress.com/report-spam/
atau menghubungi email ini: support@wordpress.com
Jika plagiator menggunakan domain gratis co.cc, silahkan whois websitenya di: http://www.co.cc/whois/whois.php lalu klik Report Abuse atau melalui halaman ini: http://www.co.cc/prosecution/prosecution.php
Bagaimana menulis complaint?
Inilah bagian paling sulit. Anda harus dapat membuktikan bahwa anda adalah pemilik sebenarnya (original owner) dari artikel tersebut, kirimkan sebanyak mungkin bukti.
Berikut ini adalah beberapa contoh bukti:
- Jika artikel anda pernah tersimpan di www.archive.org, gunakan itu sebagai barang bukti.
- Berikan link dari Google Cache untuk membuktikan bahwa Google spiders menemukan artikel anda lebih dahulu.
- Jika gambar dari artikel anda ikut tercopy di artikel plagiator dan URL gambar itu menunjukkan blog anda (misalnya:
http://sanjisan.files.wordpress.com/2009/02/spam001.jpg), maka ini adalah bukti yang sangat penting.
Jika langkah di atas masih tidak berhasil, selanjutnya…
Perintahkan Search Engines untuk menghapus Website Plagiator tersebut dari index search-nya.
Google, Yahoo, dan search engine lainnya menerima complaint dari user untuk menghapus dari “search listing”-nya terhadap situs yang melakukan pelanggaran hak cipta.
Sekali saja websitenya hilang dari search engine, maka trafficnya akan turun drastis, semoga saja motivasinya untuk membajak juga runtuh.
Masih juga tidak berhasil?
Jika situs tersebut mempunyai iklan/banner (misalnya Google Adsense), maka pekerjaan anda lebih mudah. Segera lakukan complain ke pihak pemasang iklan (Advertisers), iklan akan dicabut/dihentikan dari situsnya.
Semua langkah di atas tidak berhasil?
Bisa jadi, semua artikel di website plagiator tersebut adalah hasil copy-paste semua, dan bukan karyanya sendiri.
Jika anda berkenan, kirimkan complaint (keluhan) anda di http://beritamaya.wordpress.com/kirim-keluhan/ untuk dimasukkan sebagai berita :)
Meskipun BeritaMaya hanya mempunyai sekitar 600 pembaca setiap hari, tapi siapa tahu ada yang tersentuh emosinya untuk membantu anda “memberi pelajaran” pada si pembajak tersebut.


sumber : disini

0 komentar:

Posting Komentar

Please leave a comment about this article

 
SiniSalo Blog © 2011 | Designed by Ndra Ringo