MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 P.SIANTAR TP. 2010/2011

Sabtu, 29 Januari 2011

A.  Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu semakin   pesat, arus globalisasi semakin hebat. Akibat dari fenomena ini antara lain memunculkan persaingan dalam berbagai bidang kehidupan terutama dalam bidang lapangan kerja. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk  mencetak sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan adanya peningkatan mutu pendidikan.
Berbicara mengenai pendidikan yang ada di sekolah seringkali mebuat kita  kecewa,  apalagi bila dikaitkan dengan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.  Walaupun  seringkali  kita  mengetahui  bahwa  banyak  siswa  yang mungkin mampu  menyajikan tingkat hapalan yang baik terhadap materi yang diterimanya, tetapi pada  kenyatannya mereka seringkali tidak memahami atau tidak mengerti secara mendalam  pengetahuan yang bersifat hapalan tersebut. Sebagian besar dari siwa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan itu dapat dipergunakan / dimanfaatkan.
Pembelajaran  IPA  di  SMP  pada  umumnya  masih  didominasi  oleh aktifitas guru. Kelas berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan KBM berpegang pada buku paket saja. Sehingga kegiatan pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada  siswa  untuk berinteraksi dengan benda-benda konkrit dalam situasi yang nyata.
Pada pengamatan awal di  SMP NEGERI 2 P.SIANTAR menunjukkan kenyataan bahwa proses KBM berjalan secara teoritis dan tidak terkait dengan lingkungan nyata   tempat   siswa   berada.   Padahal   kondisi   lingkungan 
Sekolah sangat memungkinkan untuk diadakannya kegiatan praktikum, yangdalam pelaksanaannya tidak harus di dalam laboratorium. Sehingga siswa hanya dapat membayangkan obyek yang sedang dipelajarinya secara abstrak. Pada gilirannya minat dan motivasi serta keaktifan siswa menurun. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar  siswa  yang  belum  mencapai  ketuntasan  belajar  baik  secara  ind3idu maupun secara klasikal. Hasil pengamatan awal ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 60 %. Ketidaktuntasan hasil  belajar  siswa dipengaruhi oleh banyak faktor,  seperti  fasilitas  sekolah  yang  kurang   memadai,  pemilihan  metode pembelajaran yang kurang tepat, media pembelajaran kurang menarik dan tingkat keaktifan siswa yang rendah.
Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan adanya sebuah strategi pembelajaran  yang  lebih  memberdayakan  siswa,  yaitu  suatu                                                       pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa. Pendekatan pembelajaran ini salah satunya menekankan kepada bagaimana belajar di sekolah yang dikontekskan ke dalam  situasi dunia nyata, sehingga hasil belajar dapat diterima dan berguna bagi siswa selama di sekolah atau setelah mereka lulus dari sekolah tersebut.
Pendekatan pembelajaran  tersebut  adalah  pendekatan  pembelajaran yang   didasarkan  kepada  pembelajaran  kontekstual.  Penerapan  pembelajaran kontekstual  ini  daharapkan  dapat  mendorong  minat,  mot3asi,  dan  keaktifan siswa dalam proses KBM, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.
Hakekat  pembelajaran  kontekstual  ini  adalah  pembelajaran  yang menekankan  aspek-aspek  REACT,  yaitu  aspek  mengaitkan  (relating),  aspek mengalami   (experiencing),   aspek   menerapkan   teori   pada   situasi   tertentu (applying), aspek kerja sama (cooperating),  dan aspek perolehan pengetahuan baru (tranferring). Aspek-aspek tersebut aspek-aspek pokok pada pembelajaran IPA sebagai proses. Sehingga dengan pendekatan CTL siswa dapat  mengamati sendiri,  merasakan,  memegang  suatu  obyek,  bekerja  menggunakan  alat  dan bahan, yang pada akhirnya akan ,memudahkan siswa untuk mengingat materi pelajaran yang telah dipelajarinya.

B.  Permasalahan

Dari  uraian  di  atas  permasalahan  yang  dapat  diidentifikasi  dalam penelitian tindakan kelas ini adalah " Apakah hasil belajar siswa kelas VII SMP NEGERI 2 P.SIANTAR pada konsep system pencernaan pada manusia dapat ditingkatkan dengan pendekatan kontekstual ?".


D.  Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :

1.      Untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII  SMP NEGERI 2 P.Siantar khususnya pada pokok bahasan system pencernaan pada manusia.

2.  Memperoleh pendekatan pembelajaran Biologi yang sesuai untuk materi system pencernaan pada manusia.

E.  Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah : A.  Bagi Siswa
1.  Materi   pembelajaran  lebih   menarik,   karena   contoh-contoh   yang diberikan  guru  bersifat aplikatif, mudah diingat dan dijumpai secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.
2.  Menggalakkan cara pemecahan masalah melalui interaksi antar siswa. B.  Bagi Guru
1.  Mendapatkan  pendekatan  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  materi system pencernaan pada manusia.
2.  Membantu pencapaian tujuan kurikulum yang seimbang dalam aspek akademik, kepribadian dan sosial.
C.  Bagi Sekolah

Memberikan  sumbangan  bagi  sekolah  dalam  rangka  perbaikan  proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa.

Silahkan download disini

0 komentar:

Posting Komentar

Please leave a comment about this article

 
SiniSalo Blog © 2011 | Designed by Ndra Ringo